Ini Dia 5 Jembatan Paling Top di Indonesia

Runtuhnya jembatan di Kutai Kartanegara tentu memunculkan kekhawatiran akan kualitas jembatan besar di Indonesia. Padahal, jembatan yang mengagumkan di satu daerah, bisa menjadi modal untuk menarik wisatawan.

Berikut ini adalah 5 jembatan paling top di Indonesia yang wajib dikunjungi, seperti disusun Detiktravel, Selasa (6/12/2011).

1. Jembatan Suramadu

Jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura dengan panjang 5.438 m ini adalah jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Anda bisa menikmati Selat Madura dari atas jembatan ini pada siang atau malam hari.

2. Jembatan Ampera

Jembatan ini diresmikan oleh Presiden Soekarno tahun 1965 dan terbesar se-Asia Tenggara pada saat itu. Jembatan ini menjadi ikon dari Kota Palembang dengan panjang 1.117 m dan akan memanjakan mata Anda dengan pemandangan indah pada malam hari. Pantulan lampu-lampu dari jembatan Ampera yang terlihat di permukaan Sungai Musi akan menemani perbincangan Anda dengan kerabat, keluarga, atau pasangan.

3. Jembatan Pasupati

Jembatan yang diresmikan tanggal 26 juni 2005 dibangun dengan hibah dana dari pemerintah Kuwait. Jembatan dengan panjang 2.147 m ini menghubungkan Jalan Terusan Pasteur dan Jalan Surapati (disingkat jadi Pasupati). Pembangunan Jembatan Pasupati merupakan salah satu cara pemerintah Kota Bandung untuk mengatasi kemacetan. Jembatan Pasupati akan menjadi ikon kota Bandung dan jangan sampai melewatkan jembatan ini jika berkunjung ke Kota kembang tersebut. Pasupati sering dijadikan lokasi syuting film atau video klip.

4. Jembatan Barito

Jembatan Barito diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1977 dan memiliki panjang 1.082 m. Jembatan ini menghubungkan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan, serta membelah Sungai Barito. Nikmati suasana yang khas dari Kalimantan dan pemandangan Sungai Barito yang cantik.

5. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang selesai dibangun tahun 1998 atas prakasa BJ Habibie yang saat itu menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi. Nama Jembatan Barelang diambil dari nama 3 pulau besar yaitu Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan dengan total panjang 2.264 m ini terdiri dari rangkaian 6 jembatan dan setiap namanya masing-masing diberi nama raja yang pernah berkuasa pada zaman Kerajaan Melayu Riau pada abad 15-18 Masehi.

Setiap jembatan di Indonesia kebanyakan sudah menjadi ikon sebuah kota dan memiliki arti yang ada di dalam bangunan jembatan tersebut. Ayo, jangan takut meluangkankan waktu perjalanan Anda untuk mengunjungi jembatan di tiap daerah dan jangan lupa siapkan kamera untuk berfoto di jembatan-jembatan top di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: